Jakarta Online - Tempat belajar membuat website dan bisnis online - 082313332959

Cara membuat website tld com dengan cms blogger

Langkah-langkah cara membuat website tld com dengan cms blogger, tld adalah singkatan dari top level domain yang artinya adalah domain tingkat utama, cms singkatan dari content management system yang artinya adalah halaman admin website untuk mengelola website. Mengelola website antara lain meliputi menulis artikel, upload foto, upload video, mengganti template, mengatur lay out letak widget, mengganti gambar atau warna background "latar belakang" website. Sebelum saya menjelaskan lebih jauh tentang langkah-langkah cara membuat website tld com, sekali lagi saya beritahukan dan saya tegaskan, bahwa dalam tutorial ini nanti yang akan saya sampaikan adalah petunjuk cara membuat website tld com dengan cms blogger, bukan petunjuk cara membuat website tld com dengan cms wordpress, cms drupal, cms joomla, php atau framework codeigniter.

Persiapan membuat website tld com dengan cms blogger.
Perlengkapan:
  • Seperangkat komputer yang telah terkoneksi dengan jaringan internet, komputernya boleh laptop, netbook atau pc (personal computer). 
  • Koneksi jaringan internetnya boleh dengan modem gsm/cdma dan kartu perdana paket data internet apapun boleh, prinsipnya di tempat kamu : sinyalnya bagus.
Persyaratan :
  • Data diri, nomor hp dan alamat email yang masih aktif, emailnya boleh dari gmail atau yahoo. Data diri, nomor hp dan alamat email gunanya adalah untuk mengisi formulir pemesanan nama domain ketika kamu nanti membeli domain.
  • Anggaran/dana, siapkan uang sebagai biaya untuk membeli domain tld com yang jumlahnya kurang lebih sekitar Rp 110.000,-.
Selanjutnya setelah semua persiapannya ready, cara membuat website tld com dengan cms blogger itu langkah-langkah pokoknya adalah sbb :
  1. Membuat blog gratis diblogger.
  2. Membeli domain ke situs yang menjual domain.
  3. Membayar biaya beli domain lewat transfer atm bank. 
  4. Mengirimkan konfirmasi bukti transfer biaya beli domain.
  5. Mendapatkan 2 buah cname dari blogger untuk domain-mu.
  6. Menyeting DNS Management blogger.
  7. Menambahkan domain tld com kekolom alamat blog setelan penerbitan blogger.

 1.Membuat blog gratis di-blogger. 
Dalam tutorial ini saya tidak akan menjelaskan bagaimana caranya membuat blog gratis di blogger, karena saya menganggap bahwa kamu sudah bisa membuatnya sendiri.
Dan disini saya mengasumsikan, bahwa kamu saat ini telah memiliki sebuah blog dengan nama misalkan www.jakarta-on-line.blogspot.com . 

2.Membeli domain tld com ke situs yg menjual domain.

Langkah-langkah membeli domain tld comnya adalah sbb :
Pertama klik linknya disini untuk membuka halaman home pagenya situs yang menjual domain, maka setelah kamu klik link disini tsb, selanjutnya hanya dalam hitungan detik akan terbuka halaman web seperti ini ...


Untuk mulai membeli domain, opsi pilihan top level domainnya pilihlah yang com, kemudian ketikkan nama domain yang akan kamu beli, yaitu  jakarta-online!


Selamat! jakarta-online.com tersedia!
Klik order sekarang!



Klik lanjutkan!


Klik selesaikan pemesanan!


Isi sesuai KTPmu untuk kolom nama depan & belakang, alamat 1 & 2, kota, propinsi, kode pos dan negara.
Ketik emailmu dikolom alamat email, ketik passwordmu dikolom sandi & konfirmasi sandi, Ketik nomor HPmu dikolom nomor telfon, metode pembayaran pilih bank transfer, beri tanda centang kotak saya telah membaca dan menyetujui serta tunduk kepada ketentuan layanan.

Kalau sudah klik selesaikan pemesanan! 


Kemudian lanjutkan dengan login ke email yang kamu gunakan untuk membeli domain. Cari dan buka email masuk yang berjudul Detail Order.

Catatlah besarnya jumlah uang untuk biaya beli domain, pada gambar di atas jumlahnya sebesar Rp 110.152, itu untuk harga domain masa pemakaian 1 tahun saja gan, catatlah nomor rekening dan nama pemegang rekening banknya situs penjual domain, pada gambar di atas tertulis Bank BCA Yogyakarta no.rek 037-2212-711 a/n Sayid Munawar.


3.Membayar biaya beli domain lewat transfer atm bank.
Selanjutnya silahkan transfer biaya pembayaran beli domainnya sebesar Rp 110.152 ke no.rek bca 037-2212-771 a/n Sayid Munawar lewat transfer atm bankmu atau lewat m.banking hpmu.

4.Mengirim konfirmasi bukti transfer biaya beli domain.
Setelah selesai transfer, kirimkan konfirmasi bukti transfermu dengan mengisi formulir konfirmasi dengan meng-klik link konfirmasi seperti yang ditunjuk oleh panah nomor 27.


Setelah transfer, silahkan tunggu konfirmasi bukti transfermu diterima oleh admin situs penjual domain. Gambar di atas adalah contoh email masuk dari situs penjual domain bahwa konfirmasi bukti transfermu telah ia terima.

Selanjutnya tunggu domainmu aktif, tanda bahwa domainmu sudah aktif adalah akan ada email masuk "konfirmasi registrasi domain" ke inbox emailmu seperti ini :



Mantap gan, kamu sudah berhasil membeli domain tld com dengan nama www.jakarta-online.com.

5.Mendapatkan 2 buah cname dari blogger & 6.Menyeting DNS Management blogger.
Langkah selanjutnya untuk membuat website tld com dengan cms blogger adalah mendapatkan 2 buah cname blogger untuk melakukan setting setelan dns management-nya. Klik disini untuk membaca panduan cara mendapatkan  cname dan cara setting setelan dns management blogger.

7.Menambahkan domain tld com ke kolom alamat blog setelan penerbitan blogger.
Setelah dns-nya berhasil kamu setting, maka langkah selanjutnya untuk membuat website tld com dengan cms blogger itu adalah menambahkan domain tld com ke kolom alamat blog setelah penerbitan blogger seperti ini :
Loginlah ke dashboard blog bloggermu www.jakarta-on-line.blogspot.com, setelah kamu berhasil login ke dashboard bloggermu seperti ini :


Carilah tombol opsi lainnya pada blog yang akan kamu pakai untuk membuat website tld com-mu.
Nah pada gambar dashboard blogger-mu tersebut ada 2 nama blog, yaitu Jakarta Online dan Cara Daftar MT4 Agea. Pilihlah salah satu saja! dalam artikel ini yang akan saya gunakan untuk panduan cara membuat website tld com dengan cms blogger adalah nama blog yang Jakarta Online.

Maka untuk melanjutkan proses pembuatan website tld com-nya, silahkan klik tombol opsi lainnya pada nama blog yang Jakarta Online! letak tombol opsi lainnya adalah tepat pada gambar segitiga dalam lingkaran merah gambar di atas, maka setelah itu keluar tombol submenu setelan.


Silahkan klik tombol menu setelan tsb!


Lalu klik tulisan +siapkan URL pihak ke-3 untuk blog Anda!


Kemudian masukkan nama domain-mu dikolom http:// ! ketik nama lengkap nama domain-mu di awali dengan www dan diakhiri dengan com, contoh format penulisan nama domain lengkap www.jakarta-online.com
Kalau sudah klik tombol simpan!


Lihat hasilnya! nama domain www.jakarta-online.com sudah berada di atasnya nama domain jakarta-online.blogspot.com, itu artinya bahwa blogmu jakarta-on-line yang sebelumnya memakai nama subdomain blogspot sudah berhasil diganti dengan nama blogmu yang nama domainnya memakai nama domain tld com, atau sebaliknya : yaitu nama blogmu jakarta online yang memakai domain tld com telah berhasil mengganti nama blogmu jakarta-on-line yang sebelumnya memakai nama subdomain blogspot.

Sampai disini proses membuat website tld com dengan cms blogger sudah hampir selesai, masih ada beberapa langkah penting lagi yang harus kamu lakukan, yaitu men-setting redirect alamat URL website kamu dari non www ke www. Tujuan dari setting redirect url dari non www ke www ini adalah : supaya tampa atau dengan mengetik www dibrowser, websitemu tetap bisa di-akses atau dibuka.

Langkah-langkah cara setting redirect alamat url website dari non www ke www :
Klik tombol edit panah nomor 7!


Klik atau centang kotak alihkan jakarta-online.com ke www.jakarta-online.com!
Kalau sudah klik tombol simpan!

Sampai disini proses pembuatan website tld com dengan cms blogger sudah selesai, sekarang silahkan akses website-mu dengan cara mengetikkan alamat url websitemu dengan www yaitu www.jakarta-online.com atau tampa www yaitu jakarta-online.com dibrowser mozilla firefox komputer-mu!
Gimana hasilnya? websitemu bisa kamu akses kan?

Kendala Anda atau blogger pemula dalam proses pembuatan website tld com dengan cms blogger biasanya adalah Anda atau blogger pemula belum tahu :
  1. Tempat membeli domain com.
  2. Nama situs yang menjual domain.
  3. Cara membeli domain.
  4. Cara men-setting setelan dns management domain, dns adalah singkatan dari domain name server, jadi kalau dns management artinya adalah mengelola nama server domain.
Tetapi dengan membaca artikel saya ini, harapan saya nanti adalah ketika Anda atau para blogger pemula membuat website tld com dengan cms blogger, Anda atau semua blogger pemula, tidak akan menemui kendala seperti yang telah saya sebutkan di atas.

Demikian tutorial cara membuat website tld com dengan cms blogger yang dapat saya sharing-kan kepada kalian, selamat mencoba, semoga kalian juga bisa.

0 komentar: