Jakarta Online - Tempat belajar membuat website dan bisnis online - 082313332959

Cara setting setelan blog (supaya lebih SEO friendly)

Berikut ini akan saya jelaskan mengenai tutorial blogspot yaitu tentang cara setting setelan blog yang dibuat dengan menggunakan CMS blogger. Tujuannya adalah supaya blogmu lebih SEO friendly. CMS singkatan dari content management system yang artinya sistem untuk mengelola content blog. SEO singkatan dari Search Engine Optimization yang artinya adalah optimisasi blog supaya bisa cepat di-index mesin perayap google dan bisa muncul dihalaman pertama google.
Ayo teman-teman kamu sudah tahu belum apa saja macam-macam dari setelan blog itu? kalau kamu belum tahu saya kasih tahu ya, setelan blog itu antara lain meliputi : 
  1. Setelan dasar, yaitu setelan blog untuk mengedit/mengganti judul dan deskripsi blog, untuk mengatur privasi blog boleh atau tidak boleh di telusuri oleh mesin perayap search engine google, untuk mengganti alamat URL blog, untuk menambahkan pengarang blog, untuk mengatur siapa yang boleh membaca blog? untuk umum (semua orang) atau untuk pribadi (pemilik blog saja) atau untuk orang-orang tertentu saja.
  2. Setelan pos dan komentar, yaitu setelan blog untuk mengatur berapa banyaknya jumlah posting atau artikel blog yang akan ditampilkan di halaman utama blog (home page) : 1, 2, 5 atau 9 posting; untuk mengatur siapa yang boleh mengomentari artikel blog.
  3. Setelan seluler dan email, yaitu setelah blog untuk mengaktifkan fitur cara mempublikasikan artikel blog lewat telepun seluler (hp) dan email.
  4. Setelan bahasa dan pemformatan, yaitu setelan blog untuk mengganti bahasa blog dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia; untuk mengganti format zona waktu (jam) dari GMT(+00:00) London menjadi GMT(+07:00) Jakarta.
  5. Setelan preferensi penelusuran, yaitu setelan blog untuk mengaktifkan fitur penelusuran metatag deskripsi blog; untuk mengganti/mengedit metatag deskripsi blog.
  6. Setelan lainnya, yaitu setelan blog untuk mengganti content blog dari konten blog yang hanya berisi konten blog khusus dewasa atau konten blog yang umum yang berisi konten blog untuk semua golongan umur.

Dalam tutorial ini, saya akan memprioritaskan untuk menjelaskan kepada kalian mengenai cara setting setelan blog untuk yang setelan dasar dan setelan preferensi penelusuran. Tujuannya adalah supaya blog kamu nanti lebih SEO friendly, sehingga blog kamu cepat bisa di-index oleh search engine google dan akhirnya blog kamu mudah bisa muncul dihalaman pertama google.

Untuk menyingkat waktu kalian, sekarang langsung saja saya mulai untuk menjelaskan cara setting setelan blog yang setelan dasar dan setelan preferensi penelusuran.
Langkah-langkahnya adalah sbb :
a).Cara setting setelan dasar blog.  
Login dulu ke dashboard blog kamu, setelah kamu berhasil login ke dashboard blog kamu seperti ini :

Gbr 1. Halaman dashboard blogmu
1).Klik menu setelan!

Gbr 2. Cara setting setelan dasar blog

2).Klik menu edit! lalu terbuka kolom pengisian deskripsi blog.
3).Ketik deskripsi blogmu dikolom/kotak deskripsi, kalau sudah ...
4).Klik simpan perubahan!

Cara setting setelan dasar blog telah selesai, saya lanjutkan ke ....

b).Cara setting setelan preferensi penelusuran blog atau tag meta deskripsi blog.
Langkah-langkahnya adalah sbb :
Lihat dulu gambar di bawah!

Gbr 3. Halaman setelan preferensi penelusuran blog
1).Klik menu preferensi penelusuran!

Gbr 4. Halaman preferensi penelusuran
2).Klik menu edit!

Gbr 5. Kolom tempat setting tag meta deskripsi blog
3).Pilihan aktifkan deskripsi penelusuran pilih dan klik ya! maka akan terbuka ...
4).Ketik teks tag meta deskripsi blog dikolom/kotak panah nomor 4! kalau sudah ...
5).Klik simpan perubahan!

Cara setting setelan preferensi penelusuran blog telah selesai.

Demikian teman-teman penjelasan dari saya tentang cara setting setelan blog supaya blogmu lebih SEO friendly, selamat mencoba menyeting setelan blogmu, semoga blogmu cepat bisa di-index oleh search engine google dan blogmu dengan mudah bisa tampil dihalaman pertama google.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

mantap, mas
sudah coba di blog dan web saya.
Semuanya berhasil tanpa ada masalah
Terimakasih atas informasi bermanfaat ini